Setelah saya berkunjung ke berberapa website sampai ke website rusia, saya menemukan beberapa fakta dan juga membackup data atau informasi penting yang tidak sempat diselamatkan karena kondisi flahsdisk rusak atau terformat.Berikut hasil penelusuran saya bagikan ke kawan-kawan yang sedang binggung dengan kondisi flahsdisk anda.

Banyak yang menyangka Write-Protected pada FD disebabkan oleh Smad-Lock yang sebenarnya adalah fungsi pengamanan flashdisk oleh Smadav, padahal masalah Write-Protected ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Smad-Lock. Masalah ini muncul karena flash disk langsung dicabut tanpa "safely removed hardware"

Solusinya :


Untuk mengatasinya ada beberapa cara, yang bisa berhasil untuk masing2 kasus (tidak untuk setiap kasus). Gak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari 5 cara ini Cool .

Cara I.

    * Start > Run > type ‘regedit’ then hit 'OK'.
    * Browse to the following key:
    * My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlS et\Control\StorageDevicePolicies
    * Double click on the string ‘WriteProtect’ and change the ‘Value Data’ box to ‘0’
    * You may also need to do this for the strings in any folders called ‘ControlSet***’ e.g.
    * My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\C ontrol\StorageDevicePolicies

Cara II

I am running Windows XP Service Pack 2, so this description applies only in that environment.
Centon's tech support suggested doing the following...

    * Start->Settings->Control Panel
    * Administrative Tools
    * Computer Management
    * Under Storage in the left panel, click on Disk Management, wait a minute for Windows to do whatever it is doing,......
    * Locate the data stick/thumb drive/whatever-you-want-to-call it, in the right top windowand click on it.
    * Right click
    * in the popup, click on "Delete Partition" -- make darn sure you are doing this to the RIGHT drive!!!!!
    * Right click again, and choose "Create Partition" (or was it format, I forget maybe it was both).

Cara III

Pakai Rapair Utility dari si pembuat flashdisk. Dibawah ini ada link dari HP dan apacer yang banyak dipakai dan berhasil juga untuk berbagai merk.

untuk apacer silahkan download di sini

untuk HP silahkan download di sini

Cara IV

Perbaiki melalui Linux.. Tutorial langkah2 bisa dibaca di sini, dan mungkin membutuhkan pemahaman tentang perintah2 linux.

Cara V

Pakai application OnBelay

Membackup Data atau Informasi Penting.
 
Makalah ini menggambarkan versi mengembalikan informasi dengan menggunakan program R-Studio crash ketika sistem file flash drive. Metode memulihkan data menggunakan PhotoRec dijelaskan dalam artikel pemulihan dari flash drive.

Menghubungkan USB stick ke port USB komputer Anda dan ketika mencoba untuk membukanya di sini adalah pesan

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_0.png

Tentu saja kita harus format sekarang tidak akan, karena kita perlu untuk menarik sesuatu setidaknya beberapa data.Fitur menonton sekejap dan kita melihat bahwa ukuran disk sama dengan 0, dan sistem file dari FAT32 menjadi RAW.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_1.png

Kami mencoba untuk tidak panik atas kehilangan kami informasi berharga, dan mencoba untuk memulihkan data. Kesempatan kita masih punya.
Untuk ini kita menggunakan program R-Studio. Menginstal dan menjalankan program

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_2.png

ditemukan dalam daftar flash drive kita. Jika program tidak menemukan flash, maka kerusakan sistem file agak signifikan. Mungkin rusak atau controller chip memori rusak. Dalam kasus ini, lebih baik berpaling kepada para ahli untuk mengembalikan informasi. Dalam kasus ini, program kami menemukan drive. Pilih flash drive dan tombol mouse sebelah kanan menu konteks dan pilih Scan.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_3.png

Menelusuri menu menunjukkan jenis sistem berkas yang diformat flash.
Star - dari awal pemindaian, biasanya 0.
Size - program menghitung volume flash kita.
Parameter lainnya dapat diatur seperti pada layar. Setelah mengatur pers di Scan.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_4.png

Buat halaman modus scan sistem file.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_5.png

 Scanning akan segera berakhir ...

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_6.png

 Semua pemindaian selesai, klik OK.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_7.png

Daftar program yang ditemukan selama sistem file scan.
Recognized1, Recognized2, Recognized3 dan seterusnya. Dalam kasus kami, kami memilih Recognized2 File System FAT32, karena flash ini diformat persis di dalamnya. Panggil popup menu dan pilih Buka Drive File.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_8.png

Dalam tab Recognized2 akan muncul di Folder List $ ROOT00001 dll Anda dapat melihat file yang ditemukan dan direktori.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_9.png

Sebelum diperlukan file atau folder, menempatkan kotak centang dan klik Recover Marked.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_10.png

Di sini Anda perlu menempatkan (Output Folder) di mana program ini akan menyalin file yang dipulihkan. Pengaturan dapat dibiarkan adalah sama seperti di layar. Jika Anda ingin mencoba untuk mendapatkan kembali informasi dalam memori flash bad sector, jangan centang Skip file dengan bad sector. Setelah pengaturan tekan OK.

http://www.flashboot.ru/uploads/news/data_recovery_rstudio/Pic_11.png

Direktori tertentu disalin ke file yang dipilih. Beberapa data mungkin tidak dapat dibaca atau sebagian dipulihkan. Kemudian cobalah untuk memindai flash dengan pengaturan program lain.

Program ini memungkinkan Anda untuk memulihkan informasi dalam kasus kecelakaan penghapusan file atau format cepat drive.

Setelah pemulihan dapat mencoba untuk memulihkan flash. Bagaimana melakukan hal ini dijelaskan dalam artikel Memulihkan flash drive

Pemulihan Flash Drive.

Kegagalan software controller.
Setiap kartu flash terpasang chip controller. Dia bertanggung jawab untuk mentransfer data antara komputer dan flash memory. Mengelola controller firmware. Beberapa firmware ditulis dalam chip memori (yang pada dasarnya adalah pengaturan memori, penerjemah, berbagai ID dan bendera, misalnya - larangan bendera catatan). Dalam kasus berbagai kegagalan daya, pemindahan yang tidak tepat dan penyebab lainnya - sedang terhempas firmware dari kontroler. Sebagai hasilnya, pengontrol terkunci dan tidak merespon permintaan dari sistem operasi. Selain itu, kunci dapat terjadi karena memakai chip memori - munculnya cacat unit atau melebihi ambang menulis siklus (pada saat controller itu sendiri menandai sebuah blok yang tidak digunakan, dan sering blok lampu kilat pada catatan).


Bila tersambung ke flash drive komputer dapat dikenali sebagai "Unknown Device", untuk memiliki format RAW atau dapat dilihat dalam sistem sebagai disk dengan kapasitas nol. Ketika Anda mencoba mengakses itu Anda mungkin menerima pesan "Insert" atau "Tidak ada akses disk. Kadang-kadang flash drive menjadi read-only. Ini dapat dilihat dan dibaca, tetapi ketika mencoba untuk membuat file, menghapus atau memformat pesan - "Disk tersebut menulis dilindungi. Dalam kasus ini, controller masuk ke modus perlindungan data ketika kesalahan yang terdeteksi flash firmware atau memori untuk mencegah kerusakan lebih lanjut (memori yang terpasang di NAND flash drive rusak terutama dalam pencatatan data).

Sebagian besar alat-alat untuk membangun kembali menghasilkan format penuh memori, jadi jika anda ingin menyimpan data penting dan tidak kehilangan mereka selamanya - kontak ahli dalam pemulihan data. Dengan bantuan peralatan khusus akan dilakukan pada membaca dan decoding informasi langsung dari chip memori NAND untuk menghindari rusak atau cacat master controller.

Urutan pemulihan flash drive.
1. Hal ini diperlukan untuk menentukan model-controller chip untuk menemukan utilitas untuk bekerja dengan dia.Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama - untuk membuka dan melihat perangkat flash drive controller nama model ditandai pada paket chip. Jika Anda membuka perangkat bermasalah - menggunakan metode kedua. Dia adalah definisi kode model VID dan PID perlindungan dalam firmware dari controller. VID - sebuah identifier dari pabrik, dan PID - pengenal dari perangkat. Kode-kode ini dapat dianggap sebagai program seperti CheckUDisk 5.0, UsbIDCheck, ChipGenius, USBDeview, serta sistem operasi.

Jika VID & PID tidak dapat mengasumsikan nilai-nilai kosong atau anda dapat mencoba untuk memindahkan controller dalam test mode. Bagaimana melakukan hal ini dijelaskan di sini. Jika ini tidak membantu - kemungkinan kerusakan pada sirkuit listrik. Dalam kasus ini, program dapat menyembuhkan drive Anda tidak akan bekerja.

2. Jadi, VID & PID dapat dipertimbangkan, maka kemungkinan pemulihan sudah. Kemudian nilai-nilai VID & PID dapat menemukan flash drive pabrik dan model controller (misalnya menggunakan basis iFlash).  Mendefinisikan controller, pergi ke layanan pencarian utilitas untuk bekerja dengan dia.

3. Sebuah alat yang sesuai dapat ditemukan pada website produsen atau dalam folder Utilitas situs www.flashboot.ru. Untuk kemudahan utilitas diperintahkan oleh produsen pengontrol.

Contoh:
 Anda menentukan bahwa flash VID - 1005, dan PID - B113. Atas dasar iFlash menemukan bahwa di flash controller terinstal PHISON perusahaan PS2136. Utilitas untuk kontroler ini 2K USB REL90 (PS2231-UP12).  Dan jika jenis controller telah didefinisikan pembukaan kasus, kemudian segera pindah ke direktori file dan mencari utilitas yang cocok.

 Bagaimana bekerja dengan utilitas untuk menggambarkan akan tidak, karena banyak utilitas dan urutan beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam petunjuk, yang dapat ditemukan dalam arsip dengan utilitas atau membaca komentar dengannya.

 Setelah pemulihan dari kemungkinan kontroler menarik setidaknya beberapa data dari memori flash drive. Anda dapat menggunakan program PhotoRec.

Jika data tidak lagi diperlukan atau informasi yang benar-benar rusak, dianjurkan untuk menguji memori flash pada ketersediaan bad sector. Anda dapat melakukan program ini Flash Memory Toolkit 1,20 PRO, MyDiskTest v2.42, Victoria 4,3 Beta atau Flashnul 0,99.

Jika tidak berhasil pada pemulihan flash masih ada 1 cara, namun cara ini sedikit lebih rumit,
kalian harus mempunyai CD OS sesuai deng OS komputer kalian,
kemudian masukan flashdisk dan CD, kemudian  restart komputer kalian dan boot CD, pada saat memilih lokasi penginstallan OS, pilih flashdisk kemudian delete flashdisk dan jangan lupa dibuat lagi,
kemudian restart komputer kalian dan flash disk kalian benar, namun jika masih belum berhasil saya akan memberikan penggalaman saya dengan menggunakan Flash Memory Toolkit 1,20 PRO :
download dan buka flash memory toolkit 1,20 pro..



Kemudian klik pada menu Eraser seperti pada gambar dan klik ok jika selesai





setelah selesai lihatlah properties flashdisk anda, maka akan terlihat seperti gambar



Karena kapasitas atau size pada flashdisk menjadi 0, formatlah flashdish melalui flash memory toolkit 1,20 pro



Dan terakhir untuk menyakinkan bahwa flashdisk anda sudah tidak berkapasitas atau berukuran 0 lagi anda kembali melihat properties flashdisk anda,



demikianlah postingan saya kali ini...wah cape juga...
semoga bermanfaat, n selamat mencoba...


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...